KHUB BERBINAR : Berikan kami Ijazah, bukan Ijab-Sah

ICJ Berbinar: “Berikan Kami Ijazah bukan Ijab-Sah”

Selasa 18 April 2023, bertempat di SMA Negeri 19 Makassar hadir membuka kegiatan Direktur ICJ Makassar, Warida Syafie yang memberikan pengantar pentingnya Diskusi dilaksanakan. Kepala Sekolah SMAN 19 Makassar, Drs. H. Syahruddin, M.Pd., Ph.D mengurai kiat-kiat sekolah dalam pencegahan perkawinan anak di antaranya menyediakan pendidikan formal, sosialisasi tentang pendidikan seks, edukasi bahaya perkawinan anak, meningkatkan peran pemerintah, mendorong kesetaraan gender dimana semuanya dapat dilakukan pada saat upacara sekolah dan penerimaan siswa baru dengan teknik FGD, dll.

Sedangkan Kepala Puskesmas Antang Perumnas Makassar, drg. Hj. Sulfiah memaparkan tentang Kesehatan Reproduksi bukan hanya mengenai kesehatan fisik namun juga kesehatan sosial. Suryani Pacong dari Koalisi Stop Perkawinan Anak/ Ketua Solidaritas Perempuan Anging Mammiri memaparkan pentingnya memahami UUD 1945 No. 35/2014 dan Konvensi Hak Anak yang merupakan pedoman setiap negara dalam melindungi anak. Perkawinan Anak harus dicegah karena melanggar hak anak dan tugas semua pihak untuk melindungi generasi penerus dan menjaga kesejahteraan hidup anak. Peran semua pihak di antaranya pemerintah membuat regulasi, masyarakat memantau dan orang tua mengawasi anak.

Diskusi dipandu moderator Andi Nurul Annisa Yudha selaku Duta Anak 2017 Sulawesi Selatan dan BERBINAR dapat disaksikan ulang melalu YouTube: ICJ Makassar dan tersedia Juru Bahasa Isyarat.

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *